Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang memuat tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet. sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Blog Merupakan sarana untuk berkreasi dan mempublikasikan tulisan kita pada publik. Blog memberikan kebebasan kepada kita untuk menyampaikan aspirasi kita dalam bentuk tulisan dalam berbagai topik selama tidak bertentangan dengan perundang-undangan yang berlaku. http://www.blogger.com/ merupakan salah satu layanan untuk membuat blog secara gratis.

Seiring dengan semakin berkembangnya dunia Teknologi, Komunikasi dan Informasi, berbagai aktifitas secara on-line pun dapat dilakukan dengan mudah. Salah satu aktifitas on-line tersebut yakni Ngeblog alias blogging. Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan blog.

Setelah mengikuti program ini, peserta memiliki kemampuan untuk membuat blog, memposting tulisan, meng-edit postingan, menghapus postingan, mengatur blog, mengoptimalkan blog, memasang berbagai pernak-pernik di blog, mempromosikan blog, menggunakan hosting dan domain name dan lain sebagainya.

Kemampuan dalam menggunakan blog sangat diperlukan bagi Anda yang berprofesi sebagai penulis lepas on-line, staff humas, guru on-line dan berbagai aktifitas yang lain yang dapat dilakukan secara on-line dengan blog.

Materi Blog terdiri dari :
  1. Membuat E-mail
  2. Membuat blog di http://www.blogger.com/
  3. Memposting Tulisan
  4. Meng-edit Postingan
  5. Menghapus Postingan
  6. Mengatur Tampilan Blog
  7. Mendapatkan Penghasilan dari Blog
  8. Memasang Berbagai Pernak-pernik di Blog
  9. Mempromosikan Blog
  10. Menggunakan Hosting
  11. Menggunakan Domain Name
  12. dll

No comments