LibreOffice merupakan sebuah paket aplikasi perkantoran yang tersedia untuk berbagai platform (sistem operasi) dan kompatibel dengan aplikasi office lainnya seperti OpenOffice.org ataupun Microsoft Office. Beberapa aplikasi yang ada didalam LibreOffice yang terkenal adalah LibreOffice Writer, LibreOffice Calc dan LibreOffice Impress. Selain tiga aplikasi tersebut, LibreOffice masih memiliki aplikasi lain seperti LibreOffice Base, LibreOffice Draw dan LibreOffice Math.

Seiring dengan berkembangnya dunia teknologi, akhir-akhir sering kita dengar istilah Free Open Source. LibreOffice ini merupakan salah satu aplikasi yang termasuk dalam kategori Free Open Source dan bisa digunakan dalam berbagai sistem operasi seperti Linux, Microsoft Windows dan Mac OS. Privat ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin menguasai teknik pengetikan dalam menggunakan aplikasi perkantoran lintas platform yakni LibreOffice.

Setelah mengikuti Program ini, peserta memiliki kemampuan untuk membuat dokumen seperti makalah, surat, laporan, karya ilmiah, karya sastra dan lain-lain, menyimpan dan membuka dokumen dengan format ODF (Open Document File), menyimpan dokumen dengan format .odt (ODF Text Document), menyimpan dokumen dalam bentuk PDF, membuka dokumen .docx dan lain sebagainya dengan menggunakan LibreOffice Writer. Dapat mengolah data, grafik, tabel, membuat dan menyimpan dokumen dengan format .ods (ODF Spreadsheet) dan lain-lain dengan menggunakan LibreOffice Calc. Dapat membuat persentasi, mencetak persentasi sebagai Hand Out, menyimpan dokumen dengan format .odp (ODF Presentation) melakukan persentasi dengan baik dan lain sebagainya dengan menggunakan LibreOffice Impress.

Kemampuan dalam menggunakan LibreOffice ini sangat diperlukan bagi Anda yang berprofeasi sebagai staff, sekretaris, penulis, Operator, Mahasiswa dan profesi-profesi yang lainnya dengan menggunakan berbagai platform, sehingga bisa digunakan dalam beberapa sistem operasi seperti Linux, Microsoft Windows dan Mac OS.

Materi LibreOffice terdiri dari :
  1. Pengenalan Komputer Dasar
  2. Pengenalan Sistem Operasi Linux
  3. LibreOffice Writer
  4. LibreOffice Calc
  5. LibreOffice Impress

No comments